Ancol hingga Kebun Binatang Ragunan Dibuka Hari Ini, Pengunjung Dibatasi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 06:11 WIB
Sejumlah persiapan terkait penerapan protokol kesehatan dilakukan di tempat wisata Ancol jelang kembali dibuka di masa new normal. Seperti apa persiapannya?
Ilustrasi Ancol (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Tempat rekreasi dan kebun binatang di DKI Jakarta dibuka kembali hari ini pada masa PSBB transisi degan kapasitas 50 persen. Ibu hamil dan anak-anak tidak boleh berkunjung.

"Taman Rekreasi dan Kebun Binatang, Jumlah pengunjung/tamu maksimal 50% dari Kapasitas. Tidak diperbolehkan bagi anak-anak dan ibu hamil," begitulah bunyi protokol per sektor dari Pemprov DKI Jakarta yang diterima detikcom, Kamis (4/6/2020).

Berdasarkan jadwal pembukaan transisi fase I, taman rekreasi indoor, taman rekreasi outdoor, dan kebun binatang akan dibuka pada pekan ketiga bulan Juni 2020. Catatan yang diberikan Pemprov DKI adalah, jadwal tidak berlaku di kelurahan dengan status zona merah persebaran virus Corona (COVID-19).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan rencana dibukanya taman rekreasi pada tanggal 20 dan 21 Juni 2020. Anies menekankan protokol kesehatan harus dilaksanakan.

"Taman rekreasi baik indoor maupun outdoor itu baru bisa dimulai pada hari Sabtu-Minggu tanggal 20 dan 21 Juni," kata Anies saat konferensi pers secara virtual, Kamis (4/6).

Anies mengatakan kapasitas pengunjung akan dibatasi. Yaitu 50 persen dari jumlah normal.

"Yang kedua ini prinsip mendasar semua kegiatan apapun itu semua tempat apa pun tempatnya kapasitas maksimal adalah 50% yang digunakan bila sebuah ruangan kapasitasnya 100 maka yang boleh ada 50 penggunaannya, bila kantor terbiasa beroperasi 1000 orang maka 500 orang bekerja di rumah, 500 orang bekerja di kantor, ini adalah prinsip masa transisi," kata Anies.

Anies mengatakan untuk kegiatan tertentu seperti taman rekreasi tidak diperkenankan untuk anak-anak. Aturan itu juga berlaku untuk ibu hamil dan kelompok rentan.

"Lalu ada kegiatan-kegiatan tertentu yang warga usia lanjut, anak-anak, dan ibu hamil belum boleh mengikuti kegiatan. 3 kelompok ini di antara mereka mereka yang punya penyakit juga adalah kelompok yang rentan lalu prinsip yang keempat ada kewajiban untuk menggunakan masker," katanya.

Tonton juga 'Ancol Buka 20 Juni, 3 Tipe Pengunjung Tak Boleh Masuk':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2