Kapolda Metro: Kasus Curas hingga Curanmor Naik 6% Selama Pandemi Corona

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 13:25 WIB
Kapolda Metro: Kasus Curas Hingga Curanmor Naik 6% Selama Pandemi Corona
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengevaluasi masalah keamanan yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Irjen Nana menyebut selama pandemi Corona (COVID-19), keamanan Jakarta dan sekitarnya cukup kondusif, namun ada beberapa kasus yang mengalami peningkatan.

"Selama pandemi COVID-19 situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya (PMJ) cukup kondusif ya. Artinya, memang aktivitas masyarakat berjalan dengan baik. Tapi ada beberapa kasus yang menjadi atensi kita bersama, yaitu khususnya kasus pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), dan pencurian sepeda motor (curanmor). Ini memang ada peningkatan," kata Nana kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta (19/6/2020).

Nana mengatakan ada peningkatan kejahatan di tiga kasus tersebut sebesar 6 persen selama masa pandemi virus Corona berlangsung. Meski begitu, Nana juga menyebut ada kenaikan pengungkapan kasus kriminal di wilayah hukum PMJ selama pandemi sebesar 34%.

"Saya sampaikan crime total menurun, tapi ada beberapa kasus yang menjadi atensi kami. Masalah curat, curas, dan curanmor yang mengalami peningkatan selama pandemi ini 6 persen," ujar Nana.

"Tetapi untuk pengungkapan kami juga meningkat hingga 34 persen. Jadi kejadiannya (kasus kriminal) ada, pengungkapan juga naik cukup tinggi," sambung dia.

Nana juga sedikit menyinggung soal kejahatan curas yang menyasar ke minimarket. Menurutnya ada 23 kasus curas di minimarket yang berhasil diungkap polisi selama pandemi virus Corona.

"Selama pandemi, curas terhadap minimarket itu ada 34 kasus dan 23 berhasil diungkap. Lainnya saat ini masih dalam pengembangan," pungkas Nana.

(mei/mei)