JK soal Upaya Atasi Wabah Corona: Harus Tegas ke Masyarakat

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 19:17 WIB
jusuf kalla
Ketua Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (Faiq Azmi/detikcom)
Makassar -

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan harus ada ketegasan untuk mengatasi masalah wabah virus Corona (COVID-19). Ketegasan yang dimaksud agar masyarakat menjaga diri dan lingkungannya dari ancaman penularan virus Corona.

"Intinya adalah hal mengurangi atau menyelesaikan COVID-19 ini, kita harus, pertama, tegas untuk masyarakat menjaga dirinya, waspada menjaga lingkungannya," kata JK di posko COVID-19 Sulawesi Selatan (Sulsel), Jalan Sudirman, Kota Makassar, Sulsel, Rabu (17/6/2020).

JK juga mengatakan pemerintah serta aparat harus solid menanggulangi bencana wabah ini. "Yang kedua, pemerintah bersama-sama TNI-Polri untuk mematikan virus ini itu," tutur mantan wakil presiden ini.

JK kemudian menyoroti soal penyebaran Corona di Sulsel. Dia berharap upaya edukasi ke masyarakat terkait bahaya virus ini dimaksimalkan.

"Kita tidak ingin COVID ini meluas. Sulawesi Selatan ini terbesar (setelah) di Pulau Jawa, sehingga kita harus bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga diri, tetap pakai masker, tetap jaga jarak untuk menghindari virus ini," ungkap JK.

JK juga menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberi perhatian khusus atas penyebaran Corona di Sulsel. "Presiden (Jokowi-red) sudah menginstruksikan untuk cepat penanganan di Sulawesi Selatan, harus kompak," tandas JK.

(aud/aud)