3 Karyawan Supermarket Bahan Bangunan di Bogor Positif Corona

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 21:52 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Tiga orang karyawan sebuah supermarket bahan bangunan di Bogor, Jawa Barat, positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Tiga karyawan tersebut diketahui positif COVID-19 dari hasil swab test polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan beberapa hari lalu.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim membenarkan adanya tiga orang karyawan dari supermarket bahan bangunan itu terpapar Corona. Menurutnya, hasil swab test dari karyawan yang terinfeksi Corona itu keluar pada Senin (16/6).

"Yang positif tiga (karyawan Mitra10 Bogor). Bukan empat orang, tapi tiga orang," kata Dedie ketika dihubungi, Selasa (16/6/2020).

Dedie mengatakan supermarket bahan bangunan itu tidak pernah tutup. Dia menyebut supermarket itu memiliki 252 orang karyawan, sebanyak 74 karyawan berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

"Setelah kami lakukan tracing, ada 74 yang ODP," katanya.

Selain 74 karyawan, kata dia, ada 10 keluarga dari 3 karyawan yang positif itu juga berstatus ODP. Dedie mengatakan orang-orang yang berstatus ODP ini akan dilakukan swab test dalam 1-2 hari ke depan.

"Pengunjung yang dalam 14 hari terakhir berbelanja ke sana diimbau memeriksakan diri dan melakukan isolasi mandiri. Apabila ada gejala, agar menghubungi faskes (fasilitas kesehatan) terdekat," ucap Dedie.

Dia menyebut Pemkot Bogor meminta pengelola supermarket menutup kegiatan operasionalnya sementara waktu. Menurutnya, besok Pemkot Bogor akan menyampaikan surat pelaksanaan disinfeksi dan penetapan ODP kepada karyawan dan manajemen.

"Kami meminta mereka menutup. Meminta ya, bukan kami tutup. Kami meminta mereka menutup karena 74 karyawan ODP," pungkasnya.

(fas/fas)