Ada Pedagang Positif Corona, Pasar Gondangdia Jakpus Ditutup 3 Hari

M Ilman Nafi'an - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 17:07 WIB
Pasar Gondangdia
Foto: Pasar Gondangdia Jakpus. (Soraya Novika/detikcom).
Jakarta - Satu pedagang Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, terdeteksi positif virus Corona (COVID-19). Akibatnya, Pasar Gondangdia ditutup selama 3 hari.

"Satu orang (pedagang positif)," ujar Camat Menteng, Edy Suryaman saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (16/6/2020).

Edy menjelaskan, karena ada satu pedagang yang positif COVID-19, Pasar Gondangdia sejak Senin (15/6) ditutup hingga Rabu (17/6). Tujuan penutupan itu dilakukan untuk sterilisasi guna mencegah penularan COVID-19 semakin masif.

"Ditutup sejak hari Senin," katanya.

Edy menjelaskan, pedagang yang positif Corona telah menjalani rapid test dan swab test PCR (polymerase chain reaction). Menurutnya, tes PCR langsung dilakukan kepada para pedagang yang hasilnya reaktif ketika menjalani rapid test.

"Langsung dirapid, langsung diswab. Double," tegas Edy.

Sebelumnya diberitakan, PD Pasar Jaya menutup 19 pasar di Jakarta karena terindikasi virus Corona. Namun penutupan pasar tidak dilakukan secara bersamaan.

"Jadi 19 pasar itu tutup bukan tutup serentak. Tadi seperti dijelaskan ketika diketemukan pasar itu ada indikasi atau terpapar positif, kita melakukan penyemprotan disinfektan selama tiga hari dan tanggalnya pasti berbeda-beda karena memang tanggal swab test-nya juga berbeda-beda hasilnya. Tanggalnya bisa tanggal 1, 2, 3 dan seterusnya. Tergantung pada schedule yang sudah diberikan," ujar Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, dalam video yang diterima detikcom, Sabtu (13/6). (elz/ear)