Jadi Sorotan, Ini TAP MPRS tentang Pembubaran PKI yang Tak Ada di RUU HIP

ADVERTISEMENT

Jadi Sorotan, Ini TAP MPRS tentang Pembubaran PKI yang Tak Ada di RUU HIP

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 15:42 WIB
Kado Garuda Pancasila untuk kado pernikahan anak Jokowi
Gambar ilustrasi: lambang Burung Garuda Pancasila (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jakarta -

Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang merupakan RUU usulan DPR menyulut kontroversi karena tidak menyertakan Tap MPRS mengenai pembubaran PKI di dalam drafnya. Begini isi Tap MPRS yang legendaris itu.

detikcom mencermati draf RUU HIP pada Senin (15/6/2020). Di bagian 'mengingat', terdapat pasal UUD Negara RI 1945 dan berbagai Tap MPR.

Ada 8 landasan hukum di draf RUU HIP. Namun, tak ada Tap MPRS mengenai pembubaran PKI yang masuk draf RUU HIP.

Tap MPRS mengenai pembubaran PKI itu bernama lengkap Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara Republik Indonesia Nomor XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia, Pernyataan sebagai Organisasi Terlarang di Seluruh Wilayah Negara, dan Larangan Setiap Kegiatan untuk Menyebarkan atau Mengembangkan Faham atau Ajaran Komunis/Marxisme-Leninisme.

Tap MPRS Nomor XXV Tahun 1966 ini ditetapkan oleh Ketua MPRS Jenderal TNI AH Nasution pada 5 Juli 1966. Suasana saat itu, Indonesia telah dikecamuk peristiwa G30S/PKI, serta aksi-aksi yang menyusul sesudahnya.

Tonton video 'Wakil Ketua MPR Ungkap Urgensi RUU Haluan Ideologi Pancasila':

Dilansir situs Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) MPR, Tap MPRS itu berisi empat pasal. Berikut ini pasal-pasalnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT