700 Gajah Sumatera Mati karena Diburu-Diracun dalam 10 Tahun Terakhir

Hery Supandi - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 08:26 WIB
Bangkai gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) liar dikerumuni lalat di kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja, Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (8/10/2019). Gajah betina yang diberi nama Dita itu terkena jerat pada 2014 di Balai Raja sehingga tapak kaki depan kirinya buntung, sebelum akhirnya ditemukan mati pada Senin (7/10/2019), dan penyebab pasti kematian belum diketahui. ANTARA FOTO/Hadly Vavaldi/FBA/ama.
Ilustrasi matinya gajah Sumatera. (Foto: ANTARA FOTO/Hadly Vavaldi)
Bengkulu -

Forum Konservasi Gajah Indonesia Dony Gunaryadi menjelaskan selama sepuluh tahun terakhir, ada sekitar 700 ekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang mati karena diburu. Hingga saat ini sedikitnya ada 1.700 gajah Sumatera yang tersisa dan hidup di hutan Sumatera.

Donny menyebutkan di tahun 1985 terdapat 44 daerah kantong habitat gajah di Pulau Sumatera dan menyusut menjadi 25 kantong habitat di tahun 2007. Dari 25 kantong itu, tersisa 12 kantong saja yang memiliki populasi di atas 50 ekor.

Saat ini hanya beberapa daerah habitat gajah tersisa, seperti di Taman Nasional Leuser dan Ulu Masen, Aceh, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan Tesso Nilo, Jambi, Padang Sugihan, Sumatera Selatan, Bengkulu, Way Kambas dan Bukit Barisan Selatan, Lampung.



"Kematian gajah itu terjadi akibat diburu, diracun, dan diambil gadingnya," jelas Dony, Senin (15/6/2020).

Dony menilai ada 4 faktor yang menjadi penyebab utama hilangnya populasi gajah Sumatera, mulai dari Aceh hingga Lampung, yaitu perburuan, konflik manusia dan gajah, ancaman jerat listrik, dan racun.

Selain itu, penanggulangan dan adaptasi konflik manusia dan gajah secara efektif melalui optimalisasi pengelolaan barrier, mendorong praktik hidup berdampingan (koeksistensi) antara manusia dengan gajah, menghilangkan potensi ancaman langsung pada lokasi-lokasi prioritas, penyelamatan gajah dari populasi alami kritis, dan pemindahan ke habitat yang aman dan layak.

Simak video 'Video Gajah Hamil Mati Usai Makan Buah Berisi Petasan di India':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3