Pedagang-Pengunjung Pasar Klungkung Bali Ikut Rapid Test, 11 Orang Reaktif

Angga Riza - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 18:37 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi rapid test. (Foto: iStock)
Klungkung -

Dinas Kesehatan Klungkung menggelar rapid test massal pedagang dan pengunjung Pasar Galiran, Bali. Hasilnya, 11 orang dinyatakan reaktif.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memastikan gelaran rapid test itu tidak mengganggu aktivitas pasar. Kegiatan tersebut juga dipastikan mengikuti protokol kesehatan.

"Rapid test kami lakukan di kantor UPT Pasar Klungkung, yang lokasinya di lantai 2, sehingga tidak mengganggu aktivitas pasar," kata Suwirta kepada wartawan, Jumat (5/6/2020).

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dr Ni Made Adi Swapatni menyebut ada lebih dari 150 orang yang mengikuti rapid test. Selain pedagang dan pengunjung, pegawai pasar dan petugas kebersihan juga menjalani rapid test.

"Sebanyak 172 (yang ikut rapid test), 11 reaktif," sebut Adi.

Adi mengatakan 11 warga yang reaktif telah melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kesebelas warga tersebut diminta melakukan isolasi mandiri.

"Mereka yang reaktif sudah kami lakukan swab test, dan kami arahkan untuk berkoordinasi dengan Satgas Gotong Royong di masing-masing desanya untuk karantina mandiri," tambah Adi.

(zak/zak)