Masjid Al Azhar Siap Gelar Salat Jumat, Jemaah Dibatasi 50 Persen

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 11:49 WIB
Pengurus rumah tangga Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jaksel, Yahya (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Pengurus rumah tangga Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jaksel, Yahya (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, akan menggelar ibadah salat Jumat perdana hari ini setelah DKI memasuki masa transisi PSBB. Dalam pelaksanaannya, salat Jumat hanya digelar satu gelombang.

"Untuk hari ini kami hanya melaksanakan satu gelombang salat Jumat," kata Ketua Pengurus Rumah Tangga Masjid, Yahya, kepada wartawan di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2020).

Yahya menyebut sudah mempersiapkan beberapa lokasi untuk menampung seluruh jemaah yang hendak salat Jumat. Beberapa aula bahkan pelataran masjid sudah disiapkan jika di ruang utama tidak mencukupi.

"Insyaallah kami sudah siapkan beberapa lokasi atau tempat untuk jemaah untuk melaksanakan salat apabila ruang utama tidak mencukupi atau kita siapkan di aula, kita siapkan juga di pelataran masjid," katanya.

"Kita juga sudah beri tanda, apabila ruangan tidak muat ruangan atas kita arahkan kita alihkan ke aula. Aula tidak cukup kita tarik ke luar di selasar atau di halaman Masjid Agung Al Azhar," sambungnya.

Yahya mengatakan di lantai area masjid sudah ditempel lakban hitam agar jarak jemaah antar-saf tak saling berimpitan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Para jemaah yang nanti akan melaksanakan salat Jumat baik itu di ruang pertama masjid atau di tempat lain seperti aula sudah kita berikan tanda yaitu kita tempelkan lakban hitam di mana di situ lah titik tempat berdiri atau duduknya para jemaah yang akan salat Jumat," ujar Yahya.