5 Pengeroyok Marbot Masjid di Palembang Saat Bangunkan Sahur Menyerah

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 11:29 WIB
Para pelaku saat mendatangi masjid Al-Saleh untuk berdamai (Dok. Istimewa)
Foto: Para pelaku saat mendatangi masjid Al-Saleh untuk berdamai (Dok. Istimewa)
Palembang -

Pelaku pengeroyokan marbot masjid yang tengah membangunkan sahur di Kota Palembang, akhirnya menyerahkan diri. Bahkan kelima pelaku itu saat ini telah berdamai.

"Benar, kelima orang pelaku pengeroyokan terhadap marbot masjid Al-Saleh Gandus menyerahkan diri. Mereka diantar masing-masing orang tuanya," terang Plt Kasubdit PPA Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Suryadi, Rabu (3/6/2020).

Menurut Suryadi, lima pelaku menyerahkan diri langsung ke pengurus masjid Al-Saleh untuk berdamai, Minggu (31/5) pukul 15.30 WIB. Turut hadir perwakilan dari kepolisian dan tokoh masyarakat setempat.

"Semua hadir, para pelaku telah mengakui semua kesalahannya. Korban juga sudah memaafkan untuk berdamai serta laporan polisi juga dicabut," kata Suryadi.

Dalam perdamaian itu, korban Dayu Angie dipertemukan langsung dengan pelaku di masjid. Bahkan orang tua pelaku berjanji untuk membina putranya dan tidak bakal mengulangi kesalahan yang sama.

"Sejak awal kami sampaikan kepada pihak keluarga agar mereka ini diserahkan. Kami sampaikan untuk berdamai atau mediasi dengan korban. Kita sadar bahwa mereka masih remaja, butuh pembinaan dan orang tuanya siap," tutup Suryadi yang juga menjabat sebagai Kasubdit Jatanras Polda Sumsel.

Diketahui, pengeroyokan terhadap marbot masjid Al-Saleh, Dayu Angie viral di media sosial. Aksi terjadi saat Dayu dan beberapa marbot tengah membangunkan sahur pada Kamis (20/5) pukul 03.00 WIB.

Di mana lima pelaku datang, marah hingga mengajak duel marbot. Tak sampai di situ, pelaku juga memecahkan tong sampah di halaman masjid yang memicu kemarahan Dayu sebagai penanggungjawab di masjid tersebut.

Dayu yang tidak terima menegur kelima pelaku hingga terjadilah pengeroyokan. Aksi pengeroyokan viral di media sosial setelah rekaman CCTV berdurasi 2 menit tersebar luas.

Video Pengeroyokan Petugas Covid-19 di Pekalongan:

(ras/gbr)