243 TKI Deportan dari Malaysia Diberangkatkan ke Parepare, 185 Asal Sulsel

Hasrul Nawir - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 09:44 WIB
TKI dari Malaysia tiba di Pelabuhan Parepare, Sulsel.
Ilustrasi TKI (Hasrul Nawir/detikcom)
Parepare -

Sebanyak 243 TKI Deportan dari Malaysia akan diberangkatkan ke Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menggunakan KM Thalia. Sebanyak 185 di antaranya merupakan warga Sulsel, 26 warga Sulawesi di luar Sulsel, 24 warga NTT, 4 warga NTB, dan 4 warga Jawa Timur.

"Sore ini akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, ke Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, dan akan tiba di Pelabuhan Nusantara pada Jumat pagi. Ada sebanyak 243 Deportan, 185 di antaranya warga Sulsel," ujar Kadis Perhubungan Kota Parepare Iskandar Nusu saat dihubungi, Rabu (3/6/2020).

Iskandar mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Gubernur Sulsel dalam rangka permintaan penjemputan pemkab masing-masing.

"Sementara untuk warga luar Sulawesi akan langsung dijemput oleh UPT Badan Perlindungan Pekerja Imigran Indonesia dan akan ditampung di Makassar," sebutnya.

Pimpinan PT Citra Niaga Mandiri, Syamsul Latanro, yang merupakan pemilik KM Thalia mengaku saat ini tengah melakukan persiapan untuk memberangkatkan para deportan yang menjadi penumpang.

"Kemarin kapal tiba di Nunukan, semua ABK di-rapid test oleh KKP Nunukan dan hasilnya semua nonreaktif, dan dinyatakan steril," ungkap Syamsul.

Syamsul juga mengatakan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nunukan telah melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di Kapal.

"Semua dek kapal dilakukan penyemprotan dan dianggap bahwa kapal dalam steril dan siap menerima penumpang, sama dengan 88 Deportan sebelumnya, tempatnya kita sudah siapkan berada pada dek bagian atas dan kita isolasi tempat tersebut hingga sampai di Parepare," ujar Syamsul.

(idn/idn)