Antisipasi Penumpukan Antrean, SIM Keliling Dioperasikan di TMII Besok

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 22:20 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengevaluasi adanya penumpukan antrean yang terjadi dalam perpanjangan SIM di sejumlah Satpas di DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polda Metro Jaya akan mengoperasikan kembali SIM keliling di kawasan TMII, Jakarta Timur.

"Hari ini ada peningkatan pemohon perpanjangan SIM, oleh sebab itu besok kita cadangkan SIM keliling. Kalau memang pemohonnnya masih banyak SIM keliling kita aktifkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Selasa (2/6/2020).

Sambodo mengatakan rencananya SIM keliling yang akan dioperasikan salah satunya bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Besok kita lihat situasinya, rencananya (di TMII) tapi kita lihat dulu besok seperti apa," ucapnya.

Namun Sambodo berharap masyarakat tidak terburu-buru melakukan perpanjangan SIM. Sebab, pemohon yang sudah jatuh tempo akan diberi dispensasi perpanjangan SIM hingga 29 Juni 2020.



"Sebenarnya dispensasi perpanjangan SIM itu diperpanjang sampai 29 Juni," ujarnya.

Antrean perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di Samsat Jakarta Timur pagi tadi terjadi penumpukan. Untuk menghindari kerumunan, pihak kepolisian sempat membatasi kuota pemohon dan meminta warga mengurus perpanjangan masa berlaku SIM di lain hari.

Selain itu, sebuah video menunjukkan adanya antrean warga yang hendak memperpanjang SIM di Polres Metro Tangerang Kota. Antrean pemohon mengular hingga ke ruas jalan di depan kantor polisi.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota AKBP Agung Pitoyo mengatakan antrean panjang itu terjadi karena adanya pembatasan pengunjung yang masuk ke Polres Metro Tangerang Kota.

"Itu yang mau masuk (ke Polres Tangerang Kota) pagi tadi dan di depan penjagaan kita batasi sehingga tidak masuk semua dan diimbau untuk besok bisa datang kembali. Nggak ada antrean (perpanjangan SIM), hanya masyarakat yang mau perpanjang SIM tidak semuanya bisa masuk," kata Agung melalui pesan singkat, Selasa (2/6/2020).

(maa/mea)