Polri Kembali Buka Layanan SIM Usai Tutup Gegara Pandemi Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 17:51 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Polri membuka kembali pelayanan pembuatan dan perpanjang surat izin mengemudi (SIM). Pembukaan kembali layanan ini mengacu pada Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor:ST/1537/V/YAN.1.1./2020 yang ditandatangani Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan diterbitkan pada Jumat (29/5) kemarin.

"Sesuai dengan TR yang telah ditandatangani oleh Kakorlantas, bahwa polda dan polres mulai hari ini membuka kembali pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/6/2020).

Argo kemudian menerangkan pihaknya memberikan dispensasi terhadap SIM yang masa berlakunya habis di masa pandemi, yaitu Maret, April, dan Mei. SIM-nya tetap dapat diperpanjang.

Dan kemudian bagi masyarakat yang SIM-nya telah habis di masa pandemi--Maret, April, Mei--ada dispensasi dari kepolisian sampai 29 Juni 2020. "Jadi kalau misalnya masyarakat akan datang, hadir, walaupun SIM-nya telah mati atau tidak berlaku lagi di masa pandemi ini, tetap dilayani sebagai perpanjangan, bukan pembuatan SIM baru," jelas Argo.

Argo menambahkan pembukaan layanan ini juga berlaku untuk SIM internasional. "SIM umum dan SIM internasional sudah dibuka kembali," imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, layanan SIM, STNK, dan BPKB ditutup karena situasi pandemi Corona (COVID-19). Semula penutupan direncanakan berlangsung hingga 29 Juni 2020.

"Sampai dengan saat ini, pelayanan SIM, STNK, dan BPKB masih ditutup untuk publik selama pandemi COVID-19 sesuai ST Kapolri Nomor 1473 tanggal 18 Mei 2020, penutupan pelayanan dilanjutkan hingga 29 Juni 2020," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan pada Kamis (28/5).

Tonton juga video 'Imbas Corona, Jam Operasional Pelayanan SIM Dikurangi Hingga Ditutup':

(aud/gbr)