45 Bus Bantuan Kemenhub Mengaspal di Palembang, Gratis Hingga Desember

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 17:02 WIB
Bus bantuan Kemenhub beroperasi di Palembang (Raja Adil Siregar/detikcom)
Foto: Bus bantuan Kemenhub beroperasi di Palembang (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Total 45 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan beroperasi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, hari ini. Bus tersebut beroperasi sesuai standar agar dapat mencegah penyebaran COVID-19.

"Hari ini resmi 45 bus bantuan Kemenhub beroperasi di Palembang. Bus-bus ini akan beroperasi di 3 rute utama," ucap Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Selasa (2/6/2020).

Menurut Harnojoyo, bus beroperasi dalam kota sebagai angkutan massal. Bahkan bus sudah dilengkapi fasilitas pendukung agar dapat menunjang mobilitas masyarakat di tengah pandemi COVID-19. "Bus ini beroperasi dengan standar-standar COVID-19. Seharusnya bus 40 penumpang, tatapi saat ini hanya isi 20 penumpang dan dilengkapi teknologi canggih," katanya.

Adapun teknologi yang ada dalam bus itu, salah satunya deteksi asap rokok, deteksi saat sopir mengantuk sampai kontrol laju kendaraan. Termasuk aplikasi yang dapat melaporkan keberadaan bus secara real time.

"Ini fasilitasnya sudah lengkap, namanya TEMAN BUS yang bekerjasama dengan PT Transmusi Palembang Jaya. Ini juga telah terintegrasi dengan angkutan lain, seperti LRT dan sebagainya," tutup Harnojoyo.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2