45 Bus Bantuan Kemenhub Mengaspal di Palembang, Gratis Hingga Desember

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 17:02 WIB
Bus bantuan Kemenhub beroperasi di Palembang (Raja Adil Siregar/detikcom)
Foto: Bus bantuan Kemenhub beroperasi di Palembang (Raja Adil Siregar/detikcom)

Kepala Seksi Angkutan Massal Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Hadi mengatakan pengoperasian TEMAN BUS ini menjadi layanan pertama di Kota Palembang dalam program Buy The Service (BTS). Bus hadir sebagai angkutan Bus Rapid Transit (BRT) untuk penunjang mobilisasi masyarakat yang terintegrasi dengan layanan angkutan massal LRT.

"Layanan TEMAN BUS dibutuhkan karena melihat kondisi layanan angkutan umum di wilayah perkotaan yang perlu penanganan lebih baik dan berkelanjutan. Disamping itu juga ikut merespon kebutuhan masyarakat perkotaan, termasuk tuntutan perbaikan lingkungan karena perubahan iklim yang sudah di depan mata," kata Hadi.

Adapun 3 rute utama adalah yaitu terminal Alang Alang Lebar-Dempo, Asrama Haji-terminal Sako dan terminal Plaju-Pasar Induk Jakabaring. Tercatat ada 2 jenis bus yang beroperasi, bus sedang berkapasitas 40 penumpang dengan 20 tempat duduk dan bus besar berkapasitas 60 penumpang dengan 30 tempat duduk serta kursi prioritas.

"Setiap bus mempunyai 1 pintu masuk di bagian depan dengan low deck dan 1 di pintu bagian tengah adalah high deck. Ini dilengkapi dengan peralatan IoT (Internet of Things) yang dapat memonitor perilaku pengemudi," katanya.

"Bus beroperasi dengan jarak antar bus itu 10 menit, ini real time. Beroperasi sampai Desember gratis. Setelah itu baru regulasi akan kami atur untuk tarif, tapi tidak lebih dari taris angkutan pada umumnya," tegas Hadi.

Halaman

(ras/gbr)