Round-Up

Detik-detik Rentetan Tembakan KKB di Tembagapura Papua Lukai Warga

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 22:28 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Mimika -

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berulah lagi di Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Seorang warga Sakeus (35) terluka.

"Penembakan itu terjadi di Mil 62 jalan tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura, Jumat (22/5/2020).

Sakeus mengalami luka tembakan pada bagian perut dan leher.

Berikut detik-detik rentetan tembakan KKB di Tembagapura Papua Lukai 1 Orang Warga:

Kamis, 21 Mei 2020
Pukul 06.00 Wit

Peristiwa itu terjadi di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (21/5) sekitar pukul 06.00 Wit. Awalnya personel gabungan di Mil Pos (PM) 59 ketinggian tower mendengar bunyi rentetan tembakan senjata. Setelah itu, mereka melakukan pengecekan ke PM 61 Ketinggian sebelah kanan kandang gajah, dan ke Pos MP 60.

Pukul 07.40 Wit
Kemudian pada pukul 07.40 Wit, personel gabungan di MP 60,2 melaporkan ke Pos MP 60 melalui via telepon bahwa ada bunyi rentetan senjata di MP 62. Anggota dari pos MP 62 melakukan pengecekan ternyata di bawah Pos MP 62 (di atas jalan tambang) ditemukan seorang warga terkapar.

"Personel gabungan bersama ambulans kemudian menuju lokasi dan melakukan pertolongan terhadap korban yang diketahui bernama Sakeus (bukan Karyawan PT Freeport), selanjutnya korban dievakuasi ke Rumah Sakit Tembagapura," ujar Kamal.

Kamal mengatakan, anggota langsung melakukan pengejaran terhadap KKB. Saat ini situasi telah kembali kondusif.

"Personel gabungan TNI dan Polri masih melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata yang melakukan penembakan. Untuk situasi pasca kejadian aman dan kondusif," ujarnya.

Sebelumnya, KKB beraksi menyerang Pos Polisi (Pospol) 99 Ndeotadi, Distrik Bogobaida, Paniai, Papua pada Jumat 15 Mei 2020 sekira pukul 22.00 WIT.

Briptu Christian yang sendirian berjaga di Pos Polisi (Pospol) 99 Ndeotadi, tersebut dibacok dan empat pucuk senjata api dirampas.

(aan/dhn)