Menristek: Produk Inovasi untuk Penanganan COVID-19 Siap Diproduksi Massal

Rahel Narda C - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 16:54 WIB
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (10/5/2019). Agung Pambudhy/Detikcom.
Bambang Brodjonegoro (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Menteri Riset dan Reknologi (Menristek)/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan produk inovasi alat kesehatan buatan dalam negeri sudah siap untuk diproduksi massal. Bambang mengungkapkan sebagian besar produk inovasi untuk penanganan COVID-19 tersebut siap diproduksi sekitar bulan depan.

"Jadi kalau anda menanyakan kapan produk ini dapat dilihat atau dapat didapatkan melalui proses pengadaan bisa saya katakan bulan depan rata-rata sudah siap untuk produksi dalam jumlah massal," kata Bambang dalam konferensi pers virtual Bersama wartawan, Rabu (20/5/2020).

Lebih lanjut, Bambang mengatakan berbagai produk inovasi yang telah diluncurkan guna menangani virus COVID-19 sudah berada dalam tahap produksi. Dia mengatakan ventilator produksi dari BPPT, UI, ITB, UGM, dan PT Dharma diperkirakan akan siap produksi mulai pekan depan.

"Pada intinya yang diluncurkan hari ini memang inovasi tapi sebenarnya adalah inovasi yang sudah dalam tahap produksi. Bisa kami sampaikan misalnya untuk ventilator karena hampir semua ventilator terutama 5 ventilator yang pertama itu sudah mendapatkan izin baik untuk alatnya dari BPFK, hingga juga untuk uji klinis maka diperkirakan mulai minggu depan itu sudah mulai proses produksi," kata Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2