6 Tokoh Lintas Agama Panjatkan Doa Bersama Minta Corona Segera Hilang

M Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 12:55 WIB
Doa bersama memohon agar Corona segera hilang
Foto: Doa bersama memohon agar Corona segera hilang. (Dok istimewa).
Jakarta -

Pemerintah menggelar doa kebangsaan dan kemanusiaan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi virus Corona (COVID-19) dapat segera hilang. Acara tersebut digelar bertepatan dengan hari doa sedunia yang ditetapkan setiap 14 Mei.

Dalam acara yang digelar hari ini, ada enam tokoh agama di Indonesia seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghucu yang turut memanjatkan doa. Keenam tokoh agama itu yakni Prof. Dr. KH M Quraish Shihab (Islam), Pdt. Dr. Ronny Mandang (Kristen), Ignatius Kardinal Suharyo (Katolik), Ida Pedanda Nabe Gede Bang Buruan Manuaba (Hindu), Bhikku Sri Panyavaro Mahatera (Budha), dan Xs. Budi S. Tanuwibowo (Khonghucu).

Pada kesempatan itu, Quraish Shihab menyebut doa merupakan cara terbaik dalam menangkal segala musibah. Menurutnya, para Nabi dan Rasul juga selalu memanjatkan doa memohon segala sesuatu dipermudah oleh Allah SWT.

"Karena para Nabi, para Rasul apabila mengalaminya (kesusahan) mereka itu di samping berusaha untuk menanggulanginya juga salat dan berdoa. Mereka berdoa semoga Allah menyingkirkan segala sebab yang menjadi petaka ini, doa adalah cara yang terbaik untuk menangkal segala musibah doa," ujar Quraish Shihab dalam acara 'Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan' yang disiarkan secara langsung di YouTube Kemenag RI, Kamis (14/4/2020).

Quraish kemudian memohon kepada Allah SWT agar pandemi COVID-19 segera hilang. Sehingga, aktivitas manusia dapat kembali normal seperti sediakala.

"Ya Allah kami memohon singkirkanlah bencana yang menimpa kami, baik yang kami ketahui maupun tidak kami ketahui dan engkau maha tahu tentang itu, singkirkanlah dampak bencana ini," ucapnya.

Kemudian Pdt Ronny Mandang juga mengajak umat Kristen untuk turut berdoa agar wabah ini segera hilang. Dia memohon kepada Yesus selaku juru selamat umat kristiani agar memberikan kekuatan dan ketabahan kepada para pemimpin negeri dalam menyelesaikan pandemi ini.

"Saat ini kami berdoa selamatkanlah kami dari seluruh bentuk marabahaya, dari segala penyakit dari Coronavirus 19. Hadirlah di bangsa kami dan nyatakanlah satu tanda kebaikan supaya bangsa kami melihat dan menaikkan pujian syukur kepadaMu," ucap Ronny.

"Bapa di surga, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, kami umat yang seringkali lebih suka menikmati pencobaan dan kejahatan demi hasrat dan kepuasan sesaat hidup dalam kerakusan dan ketamakan atas nikmat dunia," sambungya.

Tokoh Agama Katolik, Ignatius Kardinal juga menyatakan keprihatinannya dengan adanya pandemi ini. Menurutnya, pandemi Corona ini telah berdampak luas pada sendi-sendi kehidupan manusia.

"Saya mengajak saudara-saudari sekalian untuk memanjatkan doa sekalian dalam nama Bapak, Putra dan Roh Kudus. Pandanglah kami seluruh bangsa Indonesia baik yang berada di tanah air maupun yang tersebar di seluruh dunia dan seluruh warga dunia yang kini sedang menghadapi wabah COVID-19, kami mohon curahkanlah kasih-Mu atas kami semua, bentengilah dan peliharalah kami semua agar segera terbebas dari serangan wabah ini, sembuhkanlah saudara-saudara kami yang sakit khususnya karena wabah ini dan karena pelbagai penyakit lainnya, terimalah mereka yang telah meninggal dunia di dalam kemuliaan bersamamu," kata Suharyo.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2