Banjir Bandang Kebayakan Aceh Tengah: 11 Rumah Rusak, 3 Mobil Hanyut

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 20:42 WIB
Banjir bandang di Desa Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Aceh.
Banjir bandang di Desa Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Aceh. (Foto: Istimewa)
Banda Aceh -

Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Aceh, menyebabkan 11 rumah rusak. Selain itu, tiga mobil ikut terseret banjir.

"Data kerusakan sementara ada 11 rumah yang rusa, dan 3 mobil," kata Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar kepada wartawan, Rabu (13/5/2020).

Banjir bandang terjadi di dua desa di Kecamatan Kebayakan yaitu Paya Tumpi Baru dan Paya Tumpi Induk. Menurut Shabela, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sedang menyiapkan tempat penampungan para korban banjir.

"Kita siapkan dapur umum, tempat tidur dan lain-lain. Kemudian yang perlu sekarang kita bantu pembersihan bekas banjir," jelas Shabela.

Mobil hanyut terbawa banjir. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Ishak, mengatakan pihaknya saat ini sedang membuka akses jalan yang tertimbun longsor. Selain itu, menyiapkan posko pengungsian untuk masyarakat di dua desa.

"Untuk jumlah kepala keluarga yang mengungsi sedang didata," jelas Ishak.

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur Aceh Tengah, Aceh, menyebabkan banjir bandang di Desa Paya Tumpi Kecamatan Kebayakan. Belum diketahui dampak banjir tersebut.

"Banjir terjadi tadi mulai pukul 15.00 WIB akibat hujan deras," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi kepada wartawan.

(agse/jbr)