Gugus Tugas Beberkan 4 Kriteria Simulasi Fase Pelonggaran PSBB, Apa Saja?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 13:17 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Mardano memberikan kata sambutan saat rapat mitigasi bencana Tsunami, di Padang, Sumatera Barat, Jumat (29/3/2019). Doni Mardono mengatakan program hutan pantai dengan menanam satu juta pohon di sepanjang pesisir pantai yang dicanangkan BNPB untuk meminimalisir risiko bencana, karena pohon dapat menahan gelombang air laut. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/ama.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo. (Foto: ANTARA FOTO)


Kategori ketiga adalah prioritas. Yang termasuk kategori ini adalah bidang-bidang apa dan daerah mana yang didahulukan diberikan prioritas untuk pelonggaran. Doni menekankan, jangan sampai salah memberikan prioritas sehingga menimbulkan reaksi negatif.

"Prioritas apa yang harus kami berikan? baik kepada kementerian/lembaga, termasuk ke provinsi, kabupaten dan kota untuk bidang-bidang apa. Apakah di bidang pangan, khususnya pasar, restoran, dan juga mungkin berhubungan dengan kegiatan untuk menghindari masyarakat tidak di-PHK. Ini prioritas harus menjadi opsi-opsi ketat, sehingga tidak menimbulkan reaksi negatif dari masyarakat," jelas Doni.



Kategori keempat adalah koordinasi pusat dan daerah. Jangan sampai adanya ketidaksinkronan antara pusat dan daerah perihal pelonggaran.

"Ini penting sekali. Jangan sampai nanti diberikan pelonggaran, tapi ada penolakan. Demikian juga mungkin dari daerah minta pelonggaran atas inisiatif sendiri, ternyata pusat belum melihat waktunya. Jadi, koordinasi pusat-daerah menjadi prioritas kami," kata Doni.

selanjutnya
Halaman

(dkp/dhn)