Wiranto Bikin Video Klip, Nyanyikan Lagu Minta Warga Tak Mudik

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 13:08 WIB
Sejumlah menteri Kabinet Kerja mendampingi Presiden Jokowi bertemu tokoh Papua dan Papua Barat, Selasa (10/9/2019). Mereka kompak memakai ikat kepala rumbai khas Papua.
Foto: Ketua Wantimpres Wiranto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto meminta warga tak mudik di tengah pandemi virus Corona. Permintaan Wiranto itu disalurkan melalui sebuah video klip lagu berjudul 'Ga Mudik Ga Papa' yang dinyanyikannya.

Video klip lagu itu diunggah Wiranto di akun Twitter resminya bercentang biru @wiranto1947, seperti dilihat detikcom, Selasa (12/5/2020). Lagu itu diciptakan oleh Harry Yamba dan diproduseri oleh Leles Sudarmanto serta Nyo Kristianto. Video klip lagu sudah ditonton sekitar 23,5 ribu warganet.

"Yuk nggak usah mudik tinggal di rumah lebih baik. Yuk nggak usah pulang saudara tak akan hilang," dendang Wiranto.

Wiranto mengenakan kemeja putih bercelana hitam dalam video klip lagu itu. Dia bernyanyi rasa kangen warga untuk bertemu dengan keluarga bisa disimpan sambil menunggu wabah Corona mereda.

"Rindu bisa disimpan kalau sakit siapa yang senang. Tunggu saja wabahnya menghilang," sebut mantan Menko Polhukam itu.

Warga juga diminta Wiranto tak lupa mengenakan masker dan menghindari jabatan tangan saat ini. Dalam video klip lagu Wiranto itu, dimunculkan aksi petugas menghalau warga di jalan agar tak mudik.

"Jangan sedih dan kecewa. Mudik menambah sengsara. Ingat saja keselamatan yang utama," kata Wiranto.

Sebelumnya, sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat Indonesia berkolaborasi menyanyikan lagu 'Ra Mudik Ra Popo'. Lagu itu dirilis di tengah larangan mudik saat pandemi virus Corona.

Lagu itu dinyanyikan di antaranya oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Wantimpres Wiranto, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Ketua Umum Komite Seni Budaya Nasional Mayjen. TNI (Purn) Hendardji Supandji, Ketua Umum Komite Seni Nasional dan Ketum Pawon Semar, Bupati Pati Haryanto, Bupati Karanganyar Yuliatmono, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketum Paguyuban Jawa Tengah Leles Sudarmanto, Sekjen Paguyuban Jawa Tengah Frahma Alimiyarso.

Lagu 'Ra Mudik Ra Popo' ini diciptakan oleh musisi Harry Yamba. Lagu berisi pesan agar masyarakat tidak mudik selama masa pandemi Corona ini.

"Kalau dilarang mudik dengan tegas susah, sekarang saya ajak kesadarannya lewat lagu. Apa masih mau ngotot pulang?" kata Moeldoko dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (7/5).

(rfs/fjp)