ADVERTISEMENT

Tak Ada Kasus Impor Corona dan Nihil Klaster Baru Usai PSBB di Sumbar

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 12:57 WIB
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
Irwan Prayitno (Mardi Rahmat/20 detik)

Sementara itu, dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumatera barat, ada tiga daerah yang belum terinfeksi virus Corona. Ada pula daerah yang menunjukkan angka penularan yang mulai menurun.

"Dari 19 kota/kabupaten masih 3 yang negatif, yaitu Sawahlunto, Sijunjung dan Kota Solok. Yang sudah mulai menurun yaitu Pesisir Selatan, Dharmasraya, Pasaman Barat, Pasaman Timur dan kemudian Pariaman. Yang kemudian yang sedang berjuang tetapi klasternya sudah mulai terputus yaitu antara lain Kota Padang. Sekitar 16 klaster, 8 sudah terputus," jelasnya.

"Sisanya itu mungkin masih bentuknya beberapa rumah yang berkembang sedikit keluar. Kemudian menjadi episentrum ada 2 titik, setidaknya Pasar Raya dan Pegambiran, ini pun Pak Wali Kotanya luar biasa di-tracking sampai dengan 1.000 spesimen diambil. Kemudian Payakumbuh dan Agam ini satu klaster, Padang Panjang-Tanah Datar satu klaster yang kemudian berkembang saat ini pun sudah mulai menurun, tidak ada lagi yang positif muncul secara signifikan. Kemudian ada beberapa daerah yang saat ini sudah negatif seperti Bukittinggi yang tadi negatif ada lagi positif," sebut Irwan.

Selain itu, Irwan menyebut laboratorium UNAND memiliki metode tes Corona dengan jumlah yang banyak atau pool test. Jadi akan diketahui kawasan yang menunjukkan negatif Corona. Berdasarkan metode tersebut pemerintah daerah akan memutuskan apakah akan melakukan relaksasi atau pembebasan PSBB.

"Kemudian pembebasan PSBB juga menggunakan pool test dengan dengan pendekatan multistage random sampling dengan pendekatan statistik survei sehingga dengan gabungan antara kegiatan hasil tes, epidemiologi dan statistik survei kemudian kita mengetahui mana yang kita bebaskan yang hijau daerahnya. Ini pendekatan ini sudah kita lakukan kepada beberapa daerah yang negatif di Sumbar dan ini juga sudah kita rilis dan mudah-mudahan ini akan menjadi suatu dukungan bagi kepala daerah dalam konteks meneruskan tidaknya PSBB ke depan," ungkapnya.


(lir/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT