14 Penghuni Rutan Pondok Bambu Positif Corona Via Rapid Test

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 15:22 WIB
Petugas medis menunjukan rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 yang diambil dari salah satu sampel darah jurnalis di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (07/4/2020). Pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Kendari melakukan pemeriksaan rapid test kepada para jurnalis di Kendari sebab berpotensi terpapar virus COVID-19 saat melakukan peliputan. ANTARA FOTO/Jojon/foc.
Ilustrasi rapid test COVID-19 (Jojon/Antara Foto)
Jakarta -

Penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur, menjalani rapid test terkait virus Corona (COVID-19). Hasilnya, ada 14 orang yang terindikasi terpapar virus Corona.

"Ya, tapi belum pasti virus Corona, baru terindikasi reaktif virus belum dikategorikan. Itu nanti kan dari dokter itu masih positif dari rapid test nanti masih menunggu swab dulu," kata Plt Karutan Pondok Bambu, Ema Puspita, saat dikonfirmasi, Senin (11/5/2020).

Rapid test merupakan metode screening awal untuk mendeteksi virus Corona. Jika seseorang dinyatakan reaktif saat rapid test, selanjutnya harus dilakukan tes polymerase chain reaction (PCR) untuk memastikan positif COVID-19 atau tidak.

Ema mengatakan saat ini 14 penghuni rutan itu telah dilakukan tes swab. Kini pihaknya masih menunggu hasil tes swab yang dilakukan oleh Puskesmas Duren Sawit.

"Jadi memang takutnya virus, dari virus lain belum tentu COVID kita masih tunggu hasil swab-nya. Yang sudah dites, reaktif itu 14 tadi tapi masih dilakukan lagi dari Puskesmas Duren Sawit untuk di-swab," ujarnya.

"Masih di-swab di sini, kita nunggu isolasi ini, saya arahan dulu untuk selanjutnya bagaimana," lanjut Ema.

Ema mengatakan kegiatan rapid test di Rutan Pondok Bambu dilakukan terhadap penghuni yang berusia lansia. Kegiatan rapid test tersebut masih berlangsung.

"Ini masih berlangsung rapid test untuk seluruhnya dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) maupun petugas," tuturnya.

(ibh/mae)