Polisi Akan Cek Manifes Bus AKAP Meski Berstiker Khusus dari Kemenhub

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 18:08 WIB
Kakorlantas Irjen Istiono Cek Penyekatan Pemudik di KM 31 Tol Japek
Kakorlantas Polri Irjen Istiono (Foto: dok. NTMC Korlantas Polri)
Jakarta -

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan pihaknya akan mengecek manifes di dalam bus antarkota antarprovinsi (AKAP) meski telah berstiker khusus. Polisi akan melakukan sinkronisasi terhadap dokumen yang menjadi syarat perjalanan di titik keberangkatan, di tengah perjalanan, dan sesampai bus penumpang tersebut di kota atau provinsi tujuan.

"Di dalamnya kita cek isinya berapa manifesnya ada di sana. Kita sinkronkan syarat administrasi di terminal, pengawasan di lapangan, hingga di tujuan," ujar Istiono di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (9/5/2020).

Istiono mengatakan pengawasan kepolisian dipermudah dengan adanya stiker khusus pada bus. Untuk diketahui, terkait kebijakan pengecualian larangan bepergian di tengah pandemi Corona, Kemenhub akan menunjuk secara khusus perusahaan otobus (PO) dan akan menempelkan stiker tanda beroperasinya bus sudah mendapat izin.

"Untuk pengawasan kita mudah, kalau sudah ada stikernya boleh jalan, berapa pun penumpangnya tetap harus jalan," kata Istiono.

Terkait dokumen yang menjadi syarat pengecualian larangan mudik dan bepergian dari dan ke wilayah pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Istiono menuturkan, jika dokumen tak lengkap, kepolisian akan mencegah perjalanan warga tersebut.