2 Kasus Baru Corona di Kukar Kaltim, Tertular dari Suami dan Wilayah Terdampak

Suriyatman - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 12:10 WIB
Poster
Ilustrasi pasien Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Kutai Kartanegara -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Edi Darmansyah mengumumkan ada dua kasus baru positif Corona di wilayahnya. Dua kasus baru merupakan perempuan 32 tahun asal Kecamatan Kenohan dan laki-laki 29 tahun asal Kecamatan Muara Badak.

"Dua kasus yang terkonfirmasi hari ini di Kutai Kartanegara masih merupakan kasus impor, dan merupakan transmisi lokal di kalangan keluarga, dan pelaku perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan," kata Edi kepada wartawan, Sabtu (9/5/2020).

Pasien perempuan 32 tahun itu diduga tertular Corona dari suaminya yang memiliki riwayat perjalanan dari Kabupaten Gowa pada 22 Maret lalu. Sementara itu, pasien laki-laki 29 tahun memiliki riwayat perjalanan ke Magetan, Jawa Timur.

"Keduanya saat ini menjalani karantina dan perawatan di Wisma Atlet Tenggarong Seberang dengan kondisi stabil. Dengan terkonfirmasinya kasus-kasus di atas, terdapat satu kecamatan lagi dengan transmisi lokal, yaitu Kecamatan Kenohan," jelas Edi.

Dengan demikian, lanjut Edi, ada tiga kecamatan di Kutai Kartanegara dengan kasus transmisi lokal, yakni di Kecamatan Muara Badak, Tenggarong, dan Kenohan. Edi mengungkapkan sebagian besar kasus yang terjadi ditemukan merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Edi menjelaskan mereka pelaku perjalanan yang tidak memiliki gejala teknis, namun dapat menularkan kepada orang lain. Kasus Corona di Kutai Kartanegara kini tercatat sebanyak 24, terdiri atas 22 orang sedang menjalani perawatan dan 2 orang yang dinyatakan sembuh.

Edi menyampaikan Bupati meminta para camat, kades, dan RT di wilayahnya untuk mengendalikan mobilisasi massa, khususnya bagi warga yang akan bepergian. "Jika tidak penting, saya minta kepada setiap wilayah kecamatan/desa dan kelurahan agar bahu-membahu melakukan pengendalian mobilisasi penduduk, yang merupakan pelaku perjalanan di pintu-pintu masuk wilayahnya masing-masing," tandas Edi.

Kurva Corona Melandai, Tim Pakar: Jangan Cepat Menyimpulkan:

(aud/aud)