KPK Dalami Pengakuan Taufik Hidayat soal Uang ke Imam Nahrawi

Ibnu Hariyanto, Zunita Putri - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 16:49 WIB
Taufik Hidayat
Taufik Hidayat (Femi Diah/detikSport)
Jakarta -

KPK mengatakan akan mendalami pengakuan mantan pebulutangkis Taufik Hidayat soal pemberian uang kepada eks Menpora Imam Nahrawi. KPK mengaku akan mengkonfirmasi pengakuan Taufik itu kepada saksi-saksi lain di persidangan.

"Saat ini pemeriksaan saksi-saksi lain masih akan terus dilakukan dan tentu fakta tersebut perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut dengan mengkonfirmasi kepada saksi lainnya," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (8/5/2020).

Ali mengatakan keterangan saksi-saksi lain itu akan dijadikan KPK untuk melakukan pengembangan perkara. Menurutnya, KPK baru bisa menetapkan seseorang menjadi tersangka jika telah ditemukan bukti permulaan yang cukup.

"Pengembangan perkara akan dilakukan sejauh fakta-fakta hukum sebagaimana keterangan saksi tersebut saling bersesuaian satu sama lain dan kemudian ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan seseorang menjadi tersangka," sebutnya.

Selain itu, Ali mengatakan pengakuan Taufik Hidayat itu akan dicatat oleh jaksa penuntut umum (JPU). Jaksa kemudian akan merangkai fakta-fakta sidang itu sebagai analisis yuridis surat tuntutan.

"Oleh karenanya seluruh fakta-fakta dari para saksi JPU nanti akan rangkai di bagian analisa yuridis dalam surat tuntutannya dan berikutnya tentu kita tunggu putusan majelis hakim," tuturnya.