Pemkab Tangerang Siapkan Lahan Makam Korban Corona Seluas 3.000 Meter Persegi

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 16:18 WIB
Poster
Ilustrasi Pemakaman Pasien Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Tangerang menyiapkan sekitar 3.000 meter persegi lahan pemakaman untuk korban virus Corona (COVID-19) di TPU milik pemda di Desa Buniayu, Kecamatan Sukamulya. Dari luas lahan itu, disediakan 1.600 liang lahad makam untuk korban

"Luas lahan untuk pemakaman korban COVID-19 disediakan 3.000 meter persegi untuk lebih-kurang 1.600 lubang makam di TPU Buniayu," kata Iwan Firmansyah, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pemakaman Kabupaten Tangerang, dalam keterangannya, Jumat (8/5/20).

Ia menuturkan jumlah keseluruhan TPU milik Pemkab Tangerang ada sebanyak 91 TPU. Sedangkan yang sudah siap dan sudah aktif ada di 61 TPU. Sementara itu jumlah petugas pemakaman 61 orang, khusus di TPU Buniayu ada 8 orang yang menguburkan korban Corona.

Hingga kini, jumlah korban Corona yang telah di makamkan di TPU Buniayu mencapai 28 orang PDP, dan 6 orang di luar TPU Buniayu milik pemda dan tanah wakaf.

"Kalau sampai hari ini jenazah PDP COVID-19 semuanya berjumlah 34 orang dengan rincian di TPU Buni Ayu 28 orang dan diluar TPU Buniayu ada 6 orang," ujar Iwan.

Iwan mengaku perlengkapan penguburan korban Corona sudah siap, di antaranya peti mati dan alat pelindung diri, baik stok pemda maupun berasal dari sumbangan pihak lain. Namun stok peti mati saat ini tersisa 8, sehingga diperlukan persiapan pengadaan kembali.

"Untuk pembiayaan 1 jenazah saja biaya mencapai Rp 5-6 juta, mulai dari biaya gali kubur, peti mati, ambulans dan lainnya," ucap Iwan.

Kendati demikian, Iwan berharap seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang mendoakan agar wabah Corona segera berakhir.

"Marilah kita tetap berdoa agar bencana Corona ini cepat berlalu dan, Allah SWT tetap melindungi Kabupaten Tangerang dari penyebaran COVID-19," pungkas Iwan.

(yld/aud)