RI Kerahkan Alat Tes TBC untuk Tes Corona, 45 Menit Keluar Hasilnya

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 14:00 WIB
Mesin GeneXpert yang biasa digunakan untuk tes TBC, akan digunakan untuk tes Corona. (USAID via Unitaid)
Mesin GeneXpert yang biasa digunakan untuk tes TBC, akan digunakan untuk tes Corona. (USAID via Unitaid)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia bakal mengerahkan alat tes tuberkulosis (TBC/TB) untuk mengetes virus Corona. Alat tes TBC ini bisa cepat mengeluarkan hasil tes virus Corona, cukup 45 menit saja.

Selasa (5/5/2020), juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, mengkonfirmasi bahwa alat tes cepat molekuler (TCM) TBC yang hendak digunakan untuk mengetes virus Corona itu bernama mesin GeneXpert.

GeneXpert adalah sistem alat pengetesan molekuler dengan metode 'real time' PCR (polymerase reaction chain), untuk mengetes TBC. Alat ini dioperasikan menggunakan cartridge. Supaya dapat digunakan sebagai alat tes COVID-19, maka cartridge khusus harus digunakan di mesin GeneXpert, nama cartridge khusus itu adalah Xpert Xpress SARS-CoV-2.

Alat GeneXpert merupakan produk dari perusahaan Cepheid yang berbasis di Sunnyvale, Amerika Serikat (AS). Pada 21 Maret, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memberikan izin penggunaan alat itu untuk mengetes COVID-19 dalam kondisi darurat.

"Manfaat yang didapat lewat pendekatan ini adalah tes ini berlangsung otomatis sepenuhnya dan hasilnya keluar dalam 45 menit," tulis Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporannya mengenai penggunaan GeneXpert untuk mengetes Corona, tertanggal 1 April 2020.

WHO mengatakan hasil tes Corona bisa keluar dalam 45 menit menggunakan alat GeneXpert. Produsennya sendiri, yakni Cepheid dalam situsnya, mengatakan hasil tes SARS-CoV-2 bisa keluar dalam waktu 30 menit untuk hasil positif. Waktu persiapannya kurang dari satu menit.

Pemerintah Akui Penanganan Corona Terkendala Fasilitas PCR:

Selanjutnya
Halaman
1 2