Jumlah Tes Corona di RI Masih Lebih Rendah Ketimbang Negara Tetangga

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 15:33 WIB
Tim medis gabungan melakukan tes swab pada kru kapal (Dok. Humas Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar)
Ilustrasi tim medis gabungan melakukan tes swab pada kru kapal. (Dok. Humas Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar)
Jakarta -

Indonesia adalah negara terbesar dengan jumlah penduduk paling banyak di Asia Tenggara (ASEAN). Namun, di situasi pandemi virus Corona ini, jumlah tes COVID-19 yang dilakukan di negara ini masih lebih rendah ketimbang negara-negara tetangganya.

Hal ini terlihat dari situs nirlaba penghimpun data yang berbasis di Oxford, Our World In Data, Senin (4/5/2020).

Pada dasarnya, tak ada yang tahu berapa banyak orang di suatu negara yang terkena COVID-19. Sejauh ini, yang diketahui hanyalah status terinfeksi dari yang sudah pernah dites.

Jumlah orang yang mendapatkan hasil positif COVID-19 adalah jumlah kasus yang terkonfirmasi, bukan jumlah total orang yang terinfeksi COVID-19. Jumlah sesungguhnya dari orang yang terinfeksi COVID-19 lebih tinggi ketimbang jumlah kasus terkonfirmasi.

Our World In Data membuat peringkat tes per 1.000 orang di seluruh dunia. Data ini penting untuk mengetahui sebesar apa tingkat penyebaran COVID-19 di suatu negara.

Mereka menghimpun data dari 82 negara. Untuk Indonesia, mereka mengambil data dari Kementerian Kesehatan RI. Dalam berita ini, detikcom membatasi perbandingan khusus untuk negara-negara ASEAN saja, meski tak semua negara ASEAN tersedia datanya di situs Our World In Data.

Selanjutnya
Halaman
1 2