Kini Dikaji di Idul Adha, Ini Perjalanan Revisi Cuti Lebaran 2020

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 14:55 WIB
Kalender tahunan. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto ilustrasi kalender cuti bersama Lebaran (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Hari libur cuti bersama Lebaran sudah dipindah ke akhir tahun, menyusul wabah Corona yang tak kunjung usai. Kini, kembali muncul opsi menggeser cuti bersama Lebaran menempel di libur Idul Adha.

Sebagaimana diketahui, mulanya pada Agustus 2019, pemerintah menetapkan cuti bersama Lebaran jatuh pada bulan Mei. Kemudian, pada Maret 2020, ada penambahan hari libur cuti bersama Lebaran. Sedangkan hari libur cuti bersama tetap jatuh di bulan yang sama.

Namun, menanggapi situasi wabah Corona di Indonesia yang tak kunjung usai, pemerintah merevisi cuti bersama Lebaran. Cuti bersama Lebaran digeser ke Desember.

Kendati demikian, pemerintah sekarang kembali membuka opsi pergeseran hari libur cuti bersama Lebaran ke Idul Adha.

Berikut ini rangkaian pergantian cuti bersama libur Lebaran yang akan digeser lagi:

Penetapan Jadwal Libur Nasional 2020

Penetapan cuti bersama Lebaran dan libur nasional 2020 pertama kali diumumkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) saat itu, Puan Maharani, pada 27 Agustus 2020.

Keputusan jadwal libur dan cuti itu disepakati usai Rapat Tingkat Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020 yang dipimpin oleh Puan. Rapat tersebut dihadiri Menteri PAN-RB, Menteri Agama, serta Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Keputusan itu menyepakati bahwa libur Hari Raya Idul Fitri 1441 H jatuh pada 24-25 Mei. Sedangkan cuti bersama Lebaran jatuh pada 22, 26, dan 27 Mei (hari Jumat, Selasa, dan Rabu).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3