Viral Surat Bongkar Masjid, Mahfud: Takmir Masjid Tak Paham Situasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 20:28 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md
Mahfud Md (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menanggapi banyaknya reaksi dan saling tuding mengenai imbauan untuk tidak melaksanakan salat di masjid saat pandemi Corona. Dia kemudian menanggapi soal adanya surat pembongkaran masjid di Jawa Tengah dan menyebut takmir masjid tersebut tak memahami situasi saat ini.

"Itu kontra produktif, karena bulan Ramadan itu bulan kedamaian, bulan kejutan, bulan persaudaraan. Kalau kita saling tuding tentang kenapa tidak dianjurkan ke masjid, kenapa macet, tutup bahkan saya baca di satu tempat di Jawa Tengah itu ada takmir masjid yaitu dengan sangat apanya tidak paham dengan situasi mengatakan, kalau begitu besok masjid kami bongkar karena tidak ada gunanya lagi katanya," kata Mahfud melalui siram langsng di instagramnya @mohmahfudmd, Sabtu (2/5/2020).

Mahfud menilai takmir masjid sangat emosional dalam menanggapi imbauan untuk tidak melaksanakan salat di masjid pada situasi saat ini. Dia mengatakan, imbauan itu tidak akan berlangsung lama.

"Itu kan sangat emosional, tidak tahu situasi. Kan besok mungkin atau tidak sampai dua bulan gitu sudah dibuka lagi, sudah normal. Kalau perkiraan atau analisis yang moderat benar, maka kita pada bulan Juli atau pertengahan Juni itu sudah akan normal kembali begitu," ujarnya

Sebelumnya, Foto secarik kertas berisi tentang rencana merobohkan masjid karena seruan ibadah di rumah selama pandemi Virus Corona atau COVID-19 viral di media sosial seharian kemarin. Bupati Banyumas Achmad Husein dan MUI telah angkat bicara soal surat itu. Takmir masjid itu pun telah memberi pernyataan.

Selanjutnya
Halaman
1 2