Kasus Baru Positif Corona di Kaltim Bertambah 18 Orang, Mayoritas Tanpa Gejala

Suriyatman - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 18:59 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Samarinda -

Terjadinya penularan lokal dan banyaknya orang tanpa gejala (OTG) yang terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi perhatian serius pemerintahan daerah Kalimantan Timur. Dinas Kesehatan setempat mencatat mayoritas kasus positif hari ini adalah orang tanpa gejala.

"Kondisi yang ada saat ini sangat berat dan kompleks selain kita terus melakukan pemantauan terhadap PDP yang berasal dari 7 klaster saat ini juga harus mengawasi para ODP yang kemungkinan merupakan pasien orang tanpa gejala (OTG)," kata kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak kepada wartawan melalui aplikasi Zoom Sabtu (2/4/2020).

Berdasarkan hasil uji sample swab di laboratorium kesehatan Surabaya jumlah kasus yang terkonfirmasi positif COVID 19 bertambah 18 kasus. Sehingga per hari ini total jumlah kasus terkonfirmasi positif menjadi 154, 140 orang masih dirawat, 13 orang sembuh , 1 orang meninggal dunia.

Berdasarkan hasil laboratorium hari ini kasus yang terkonfirmasi positif di Kaltim terbanyak ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan 10 kasus yang merupakan pelaku perjalanan ke Gowa Sulawesi Selatan, dan Magetan Jawa Timur. Seluruhnya menjalani perawatan di Wisma Atlit Tenggarong Seberang, pasien umumnya tidak memiliki gejala klinis.

Penambahan 6 kasus terkonfirmasi berasal dari Samarinda 5 orang merupakan pelaku perjalanan dari Gowa Sulawesi Selatan dan seluruhnya merupakan Orang tanpa Gejala (OTG) yang saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Karantina Samarinda.