Masih Ada Warga Ibadah di Masjid, Menag: Gunakan Akal Sehat Hadapi Corona!

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 19:10 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi pagi ini melayat ke rumah mendiang KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Menag mengenang Gus Sholah sebagai tokoh agama yang luar biasa.
Foto: Menag Fachrul Razi (Jefri/detikcom)
Jakarta -

Sebagian masyarakat di berbagai daerah tetap melaksanakan ibadah di masjid, meski pemerintah saat ini sudah mengeluarkan himbauan untuk beribadah di rumah saat pandemi Corona (COVID-19). Oleh karena itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meminta masyarakat untuk menggunakan akal sehat dalam melaksanakan ibadah di situasi wabah.

"Kita ingin banyak beribadah sesuai dengan kehadiran Ramadhan. Ramadhan bulan berkah, bulan pengampunan, semua ibadah di bulan Ramadhan pahalanya berlipat ganda. Ada ibadah yang tidak ada di bulan lain seperti Tarawih, zakat fitrah, nuzulul Quran. Di sisi lain ada COVID-19 yang penyebarannya sangat menakutkan, penularannya satu dengan bersentuhan kulit, batuk bersin, oleh karena itu kita menyepakati protokol kesehatan harus dihadapi antara lain menggunakan masker, cuci tangan, jangan bersentuhan, jangan bergerombol," ujar Fachrul.

Hal itu disampaikan dia dalam acara Pesan Menteri Agama untuk Umat Islam yang disiarkan secara online, Kamis (30/4/2020). Dia lantas menuturkan perlunya pemahaman dengan akal sehat masyarakat menyikapi situasi pandemi ini.

"Di sini perlu kita bicara tidak hanya rumusan ibadah, tapi juga menggunakan akal sehat. Tuhan juga mengingatkan tidak hanya meningkatkan iman dan takwa, tapi juga menggunakan akal sehat," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2