Disebut Kotor oleh Jerinx, Ini Rekam Jejak Dirjen WHO Tedros

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 14:26 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Director General of the World Health Organization (WHO), addresses a press conference about the update on COVID-19 at the World Health Organization headquarters in Geneva, Switzerland, Monday, Feb. 24, 2020. (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Foto: Dirjen WHO Tedros Adhanom (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Jakarta -

Jerinx 'SID' mempertanyakan kredibilitas Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus terkait penanganan Corona. Jerinx menyebut Tedros bukan dokter dan punya rekam jejak kotor di Ethiopia. Begini rekam jejak Tedros.

Sorotan Jerinx kepada bos WHO itu diungkapkannya dalam 'Diskusi Teori Konspirasi X Realita Rumah Sakit bersama JRX dan Dr. Tirta', Rabu (29/4/2020). Mulanya, Jerinx mempermasalahkan kapasitas pendiri Microsoft Bill Gates yang berbicara soal Corona, padahal bukan dokter.

"Kemarin saya emosi sama Mas Tirta itu ketika Mas Tirta ngomong ke saya, Bli jangan ngomong hal yang di luar kapasitas. Saya langsung ngeliat ke Bill Gates loh. Seluruh dunia dibikin panik masalah kesehatan sama orang yang bukan dokter. Bill Gates lulusan dokter mana?" ujar Jerinx.

jerinxJerinx berdiskusi dengan dr Tirta tentang konspirasi di balik wabah Corona (Foto: Dok. Instagram)

Kemudian pria bernama asli I Gede Ari Astina ini mengungkit soal Dirjen WHO Tedros yang juga bukan dokter. Menurut Jerinx, Tedros punya rekam jejak yang buruk ketika masih di Ethiopia.

"Tedros, bosnya WHO. Dokter mana? Nggak ada. Tedros punya rekam jejak yang kotor loh. Dia pernah bikin kasus di Ethiopia," kata Jerinx.

Namun, apakah rekam jejak Tedros memang demikian?

Tedros memang bukanlah seorang dokter. Dia adalah seorang ahli kesehatan. Seperti yang dilansir dari DW, Selasa (21/4) Tedros yang berusia 55 tahun itu telah memiliki karier yang panjang sebagai ahli kesehatan. Dia mempelajari penyakit menular di Inggris selama 1990-an dan menerima gelar PhD di bidang Kesehatan Masyarakat. Antara 2005 dan 2012, ia menjabat sebagai Menteri Kesehatan Ethiopia dan diberi tugas untuk mereformasi sistem kesehatan negara itu.

Simak juga video Netizen Heboh! Jerinx SID Siap Ditantang Suntik COVID-19:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2