64 Tenaga Medis di Samarinda Jalani Isolasi Mandiri, Ini Penyebabnya

Suri - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 19:05 WIB
Kasus positif COVID-19 di ibu kota disebut kini alami perlambatan yang signifikan. Hal itu beri semangat baru bahwa Indonesia dapat bangkit lawan Corona.
Ilustrasi. (Foto: Antara Foto)
Samarinda -

Sebanyak 64 tenaga medis di RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda, Kaltim, diistirahatkan dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Kebijakan ini diambil setelah mereka kontak dengan pasien yang hasil rapid test virus Corona (COVID-19) reaktif.

"Jika sebelumnya kami sampaikan ada 50 tenaga medis, saat ini tenaga medis yang diistirahatkan berjumlah 64 orang dan saat ini semuanya sudah diistirahatkan atau melakukan isolasi secara mandiri di rumah," ujar Plt Direktur Rumah Sakit Umum AW Syahranie David Masjhoer saat dikonfirmasi, Rabu (29/4/2020).



David mengatakan, pasien yang reaktif dari hasil rapid test belum dinyatakan positif/negatif virus Corona. Yang bersangkutan kini menunggu hasil swab.

Sementara itu mengenai tindakan mengistirahatkan tim medis, David mengatakan bahwa tindakan ini dilakukan karena manajemen rumah sakit ingin mencegah terjadinya penularan virus Corona di rumah sakit.



"Di rumah sakit tidak boleh terjadi penularan Covid 19, sehingga keputusan ini kami terapkan, dan untuk semua petugas-petugas ini selanjutnya akan kami lanjutkan dengan melakukan rapid test pada hari ke-7 dan ke-10," kata David.

"Jika nanti hasil tesnya tidak menunjukan tanda tanda reaktif, maka mereka akan kembali bekerja seperti biasa," jelasnya.

(dkp/dkp)