Polisi Akan Cegat Pemudik di Titik Check Point PSBB Kabupaten Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 21:20 WIB
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi
Foto Ilustrasi Mudik (Thinkstock)
Jakarta -

Pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran 2020. Polisi pun melakukan pencegatan di Kabupaten Bogor.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan pencegatan di Kabupaten Bogor dilakukan di sejumlah check point pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dia menerangkan masyarakat yang melakukan kegiatan mudik akan diminta berputar balik.

"Perlu ditekankan di statement bahwa titik yang ditempatkan pada saat PSBB itu memang keluar-masuknya masyarakat, baik itu keluar atau masuk ke arah Bogor," kata Fadli ketika dihubungi, Kamis (23/4/2020).

Dia menambahkan polisi juga akan melakukan pencegatan di batas wilayah, yakni di perbatasan Jakarta, Cianjur, Sukabumi, dan lain-lain. Polisi pun, lanjutnya, kan melakukan pencegatan di 'jalan-jalan tikus'.

"Ya kalau untuk jalan tikus tetap dijaga personel tapi di waktu tertentu. Seperti jam padat, segala macam, sambil anggota melaksanakan patroli keamanan dan juga melaksanakan pengecekan arus keluar-masuk warga," lanjutnya.

Fadli mengatakan masyarakat harus tertib berlalu lintas. Polisi, sambungnya, tetap bisa memberikan sanksi penilaian kepada masyarakat meski sedang diberlakukan PSBB dan larangan mudik.

"Untuk pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kejadian laka lantas, pasti akan kita laksanakan penindakan. Kemudian perlu digarisbawahi, yang berpotensi langsung menyebabkan lakalantas dengan korban jiwa. Penindakan dengan tilang adalah upaya terakhir. Petugas (tetap) mengedepankan preventif dan preemtif, teguran maupun imbauan," tandasnya.

Untuk diketahui, Pemkab Bogor akan menempatkan pos penjagaan (pos pam) di sejumlah titik saat diberlakukannya PSBB. Penempatan pos pam itu ada di perbatasan Tangerang-Parungpanjang, perbatasan Serpong-Gunung Sindur, perbatasan Cibubur dan Depok-PUT Bendot Gunungputri, dan perbatasan Sawangan Depok-Parung Ciseeng.

Selain itu, pos pam akan ditempatkan di perbatasan Kota Bekasi-Limus Nunggal, perbatasan Kota Bogor-Kemang, perbatasan Kota Depok-Flyover Cibinong, dan perbatasan Kabupaten Bekasi-Cibarusah Jonggol. Tak hanya itu, Pemkab Bogor juga akan membuat pos pam di Ciampea Warung Borong, Batas Kota Bogor-Dramaga, Citeureup, Batas Kota Bogor-Sukaraja, Ciomas, perbatasan Cianjur-Cisarua Puncak, serta perbatasan Sukabumi-Cigombong.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan Pemkab Bogor juga akan melakukan pengawasan di sejumlah titik. Check point itu akan dibuat di perbatasan Tangerang Selatan, Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Lebak.

(gbr/gbr)