Sekolah Ibu di Kota Bogor Raih Juara 1 Perencanaan Pembangunan Daerah

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 11:12 WIB
Pemkot Bogor
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengukir prestasi dengan programnya yaitu Sekolah Ibu yang berhasil menyabet juara 1 Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah. Bahkan, banyak daerah lain yang sudah melakukan studi banding untuk mempelajari program ini dan mengadopsinya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Hanafi. Selain itu program Sekolah Ibu sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sejak didirikan tahun 2017.

"Alhamdulilah Kota Bogor hari ini dengan program Sekolah Ibu kembali mendapatkan penghargaan Juara 1 PPD kualifikasi Kota di Jawa Barat," kata Hanafi dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4/2020).

Dia mengemukakan, pembangunan di daerah dibutuhkan inovasi yang harus terus dikembangkan. Untuk memotivasi daerah, pemerintah pusat melalui Bappenas mengadakan lomba agar daerah melakukan inovasi secara berjenjang dengan dua kategori Kota dan Kabupaten.

"Jadi tim penilainya independen, ada dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Pada saat penilaian saya yang menerimanya dan mengundang berbagai stakeholder seperti organisasi lansia, Forum Kota Sehat, dan yang lainnya dengan sampel penilaian di Kelurahan Panaragan," tuturnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, untuk tahun ini Sekolah Ibu tetap berjalan dan tidak berubah karena sangat dibutuhkan masyarakat dan secara teknis dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA).

"Rencananya ada dua angkatan tahun ini. Jika memungkinkan Juni untuk angkatan pertama, kalau tidak memungkinkan nanti akan dikoordinasikan lagi karena saat ini masih terjadwalkan dan teranggarkan," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Kota Bogor, Cecep Zakaria menambahkan program yang digagas Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian tersebut merupakan salah satu program unggulan Kota Bogor dan sudah mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Sebenarnya program Sekolah Ibu sudah mendapatkan penghargaan dari pusat dan sudah di duplikasi di Jawa Barat dengan Program Sekoper Cinta," katanya.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, PPD Jawa Barat Tahun 2020 merupakan salah satu apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan dapat mencapai target pembangunan.

Dengan dinobatkannya Juara 1 PPD kualifikasi Kota di Jawa Barat, Pemkot Bogor patut berbangga. Sebab, sudah terbukti dirasakan banyak manfaatnya dalam meningkatkan peran ibu dalam keluarga. Sementara itu, Juara 2 diraih Pemkot Bandung dengan Program Layad Rawat dan Juara 3 diraih Pemkot Depok dengan Program Pembangunan Portal Smart Healthy City.

Pemberian Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Jawa Barat kualifikasi Juara Kota Terbaik tersebut diumumkan melalui video conference saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat Tahun 2020, Rabu (22/4).

(akn/ega)