1 PDP Meninggal di Kukar Kaltim, Dimakamkan Sesuai Protap COVID-19

Suriyatman - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 00:15 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Seorang wanita berusia 20 tahun di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia. Wanita tersebut diketahui positif terinfeksi virus Corona dari hasil rapid tes yang dilakukan terhadap dirinya.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kukar, dr Martina Yulianti menyebut bahwa wanita itu juga memiliki riwayat penyakit lain seperti sesak nafas. Menurutnya, penyakit itu sering kambuh dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

"Pasien ini ada keluhan penyakit lain. Tapi karena sesak nafas, dilakukan rapid tes dan hasilnya positif," kata Martina kepada wartawan, Rabu (22/4/2020) malam.

Wanita itu meninggal pada Rabu (22/4) pukul 16.30 Wita. Martina menyebut yang bersangkutan sudah dilakukan tes swab, namun hasilnya belum keluar.

"Kita berharap hasilnya negatif. Kita sudah mengirimkan tes swabnya ke Dinas Kesehatan Provinsi, dan tinggal menunggu hasilnya saja," katanya.

"Kita berharap ini tidak positif, sama seperti PDP lain yang hasilnya sudah keluar, apalagi yang kali ini ada penyakit lain," sambungnya.

Meski hasil tes swab belum keluar, pasien tersebut dikuburkan dengan protap penanganan COVID-19.

(fas/fas)