PSBB Disetujui Kemenkes, Bupati Gowa: Sisa Masuk Tahap Uji Coba dan Penerapan

ADVERTISEMENT

PSBB Disetujui Kemenkes, Bupati Gowa: Sisa Masuk Tahap Uji Coba dan Penerapan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 22:26 WIB
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (Noval Dhwinuari/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyetujui pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyebut pihaknya sebelumnya telah melakukan sosialisasi dan kini tinggal masuk ke tahap uji coba dan langsung penerapan.

Sosialisasi penerapan PSBB kepada masyarakat Gowa ini dilakukan Pemkab Gowa sebelum PSBB disepakati oleh Kemenkes. Saat itu Pemkab Gowa mensosialisasikan PSBB bersama Kota Makassar yang telah disetujui untuk melakukan PSBB pada Jumat (17/4) lalu.

"Jika usulan kami disetujui Kemenkes secepatnya kita akan ambil langkah-langkah untuk menerapkan. Karena sebenarnya secara tidak langsung sejak Senin ini kita sudah mulai ikut melakukan sosialisasi bersama Makassar. Jadi nanti kita sisa masuk tahap ujicoba dan penerapan," ujar Adnan dalam keterangan tertulis, Rabu (22/4/2020).

Selain sosialisasi, Adnan menyebut pihaknya juga telah menyiapkan PSBB di Gowa sebelum keputusan Menkes turun. Di antaranya menyiapkan posko di seluruh perbatasan Kabupaten Gowa. Hal ini mengingat Gowa berbatasan langsung dengan delapan kabupaten/kota di wilayah Sulawesi Selatan.

Adnan juga menilai Keputusan Kemenkes Nomor HH.01.07/Menkes/273/2020, tertanggal 22 Maret 2020 sudah tepat untuk menekan penyebaran virus Corona di Gowa. Terlebih ada perkembangan penyebaran virus Corona di Gowa setiap waktu.

"Hingga saat ini data positif COVID-19 sudah mencapai 25 orang, kemudian orang dalam pemantauan (ODP) 314 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 139 orang," katanya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT