Round-Up

Hal-hal Dikecualikan Usai Pemerintah Larang Mudik Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 08:56 WIB
Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran bagi masyarakat di tengah masa pandemi Corona. Yuk, lihat lagi momen-momen mudik yang pastinya sangat dirindukan.
Ilustrasi Mudik (Foto: Dok. detikcom)
Jakarta -

Pemerintah akhirnya melarang mudik lebaran tahun 2020, kebijakan itu efektif diberlakukan tanggal 24 April mendatang. Namun, ada beberapa hal dikecualikan, apa saja?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menyatakan bahwa mudik tahun ini dilarang. Kebijakan tersebut sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Tanah Air.

"Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/4/2020).

Jokowi kemudian memberikan arahan kepada bawahannya. Dia meminta kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan segala hal yang berkatian dengan larangan itu.

"Oleh sebab itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan," ujar Jokowi.

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan pelaksana tugas Menteri Perhubungan (Menhub) menjelaskan apa saja yang harus diterapkan selama larangan mudik itu. Dia menyebut lalu lintas akan ditutup masuk dan keluar Jabodetak.

"Larangan mudik ini nantinya tidak dibolehkan lalu lintas orang untuk keluar dan masuk dari dan ke wilayah khususnya Jabodetabek," kata Luhut dalam siaran langsung melalui kanal YouTube saat rapat terbatas, Selasa (21/4).

Selanjutnya
Halaman
1 2