Gunung Anak Krakatau Erupsi Pagi Tadi, Tak Terdengar Suara Dentuman

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 14:53 WIB
Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau. (Dok Istimewa)
Cilegon -

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda kembali erupsi pagi tadi pada pukul 07.49 WIB. Erupsi terjadi tidak disertai suara dentuman.

Erupsi terekam di seismograf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi selama 50 detik.

"Telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Jumat tanggal 17 April 2020 pukul 07.49 WIB. Erupsi ini terekam di seismogram PVMBG dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi ± 50 detik," tulis Badan Geologi dalam keterangannya yang diterima detikcom, Jumat (17/4/2020).

Menurut keterangan, tim patroli yang memantau langsung erupsi tidak mendengar suara dentuman saat Anak Krakatau erupsi. Tim hanya melihat semburan abu vulkanik setinggi 100 meter di atas puncak.

"Pantauan langsung oleh tim patroli dan pengamanan KPHK Krakatau SKW III BKSDA Bengkulu Lampung tanggal 17 April 2020 pukul 07.52 WIB terlihat abu vulkanik berwarna kelabu keluar dari kawah setinggi 100 meter di atas puncak dan tidak terdengar suara dentuman," tulisnya.

Masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati Anak Krakatau dengan radius 2 kilometer dari kawah.

"Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada status level II (Waspada)," jelas keterangan Badan Geologi.

(elz/elz)