Pakar: Physical Distancing Turunkan Penularan Corona, tapi Belum Cukup

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 17:44 WIB
Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Banyuwangi
Foto ilustrasi. (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta -

Para ilmuwan lintas universitas membuat simulasi soal efek dari imbauan pembatasan interaksi fisik (physical distancing). Ternyata kasus baru COVID-19 mulai turun usai adanya imbauan physical distancing, meski belum bisa dibilang signifikan.

"Angka reproduksi harian sudah mulai mengalami penurunan karena perubahan perilaku masyarakat dan kebijakan pemerintah (physical distancing) namun masih belum efektif menekan penyebaran (R<1)," tulis tim SimcovID.

Keterangan SimcovID disampaikan oleh peneliti matematika epidemiologi Institut Teknologi Bandung (ITB) Nuning Nuraini kepada detikcom, Kamis (16/4/2020).

Tim menggunakan 'R' sebagai lambang reproduksi kasus COVID-19, atau bisa diartikan sebagai nilai kasus positif COVID-19 yang muncul dari satu kasus. Bila nilai R sebesar 2, maka 1 orang yang terinfeksi bisa menulari 2 orang lain. Padahal, nilai R sebesar 1 saja sudah bisa menjadi indikator pandemi COVID-19 akan berlanjut. Maka nilai R perlu lebih kecil dari 1 supaya penyebaran virus ini berhenti.

Untuk social distancing atau physical distancing, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pertama mengimbau perilaku ini untuk diterapkan pada 15 Maret kemarin. Di wilayah episentrum Corona, Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyerukan penerapan social distancing pada hari yang sama. Pada 17 Maret, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirim SMS blast agar masyarakat menghindari kerumunan.

PSBB diterapkan di Jakarta mulai 10 April dan rencananya berakhir 23 April. PSBB di Jawa Barat dimulai pada 15 April. Di Tangerang Raya, Banten, PSBB akan mulai pada 18 April nanti. Tim SimcovID belum mencermati efek PSBB secara khusus melainkan lebih kepada efek imbauan physical distancing, soalnya penelitian dimulai saat PSBB baru berumur dua hari.

Berikut ini pengamatan SimcovID terhadap hasil physical distancing di Indonesia dan PSBB di Jakarta:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4