Round-Up

Kisah Ritual Tanggal 6 Perampok Toko Emas di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 06:29 WIB
Kelompok Wetonan Perampok Toko Emas Beraksi di Jakarta-Kalimantan
Foto: (dok.istimewa)
Jakarta -

Komplotan perampok toko emas di Kembangan, Jakarta Barat punya ritual tersendiri sebelum dan sesudah melakukan aksinya. Kelompok ini juga mempercayai weton atau penanggalan yang pas agar membawa 'keberuntungan' dalam melakukan aksinya.

Dirangkum detikcom, total lima pelaku yang ditangkap polisi. Tiga orang di antaranya tewas tertembak karena melakukan perlawanan, sementara dua orang lainnya tertembak di bagian kaki.

"Pada saat dilakukan penangkapan di kontrakan di Depok, sempat terjadi penembakan ya. Pada saat ditangkap sempat terjadi perlawanan terhadap petugas, terjadi tembak-menembak saat itu dan 3 orang pelaku meninggal dunia di tempat, yang dua tertembak sempat dilarikan ke RS ya," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam jumpa persnya yang disiarkan secara live melalui Instagram Polres Jakbar, Senin (13/4/2020).

Yusri mengatakan, komplotan ini beraksi lintas provinsi. Tercatat, kelompok ini sudah empat kali melakukan aksinya.

"Pertama di Kalimantan, sepanjang Jawa daerah Pantura, kemudian yang kalau teman ingat sekitar tanggal 6 Desember 2019 terjadi perampokan di toko emas 'Eropa' di Kemayoran Jakpus, ini juga pelakunya yang sempat dilidik, kelompok ini yang gasak toko emas Eropa saat itu. Mereka telah lakukan 4 kali pengakuannya," paparnya.

Simak juga video Polisi Tangkap Residivis Pencurian Emas di Parepare: