Round-Up

Coretan Dinding Anarko: Hasut Benak Resah Warga Agar Marah dan Menjarah

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Apr 2020 09:20 WIB
Coretan vandalisme dari kelompok Anarko di Tangerang Kota (dok. Istimewa)
Coretan vandalisme dari kelompok Anarko di Tangerang Kota (dok. Istimewa)
Jakarta -

Lima anak muda ditangkap polisi atas aksi vandalisme yang dilakukan di Tangerang Kota. Para pelaku membuat tulisan bernada provokatif di dinding-dinding pertokoan.

Polisi mengungkap beragam coretan di dinding tersebut dibuat para pelaku untuk membuat masyarakat resah dan mengajak membuat keonaran.

"Motif mereka melakukan vandalisme ini, mereka tidak puas dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dan berupaya untuk memanfaatkan situasi yang saat ini masyarakat sedang resah," kata Kapolda Metro Irjen Nana Sudjana saat rilis yang disiarkan secara live melalui Instagram Humas Polda Metro Jaya, Sabtu (11/4/2020).

"Mereka manfaatkan untuk lebih resah lagi, membuat masyarakat lebih resah dan membuat ajakan untuk membuat keonaran," tambahnya.

Ada tiga tulisan yang dibuat para pelaku: 'Kill The Rich', 'Sudah Krisis Saatnya Membakar', dan 'Mau Mati Konyol atau Melawan'. Polisi mengungkap kelima vandal tersebut berasal dari kelompok anarko.

Coretan vandalisme dari kelompok Anarko di Tangerang Kota (dok. Istimewa)Coretan vandalisme ditemukan di beberapa titik di Tangerang Kota (dok. Istimewa)

"(Pelaku) dari kelompok anarko. Jadi mereka ditangkap mendasari aktivitas mereka atau kegiatan mereka untuk melakukan upaya vandalisme di wilayah Tangerang Kota dengan melakukan penyemprotan di beberapa lokasi tadi," kata Irjen Nana.

Tiga pelaku ditangkap aparat Reskrim Polres Tangerang Kota bersama anggota Ditreskrimum Polda Metro Jaya di sebuah kafe di wilayah Kota Tangerang pada Jumat (10/4). Kemudian dua orang lagi ditangkap di Bekasi dan Tigaraksa, Tangerang.

Dari tangan mereka, disita barang bukti berupa cat semprot, stensil untuk membuat coretan dinding, hingga handphone. Selain di Jakarta, polisi mengidentifikasi keberadaan kelompok anarko ini di Bandung dan beberapa daerah lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2