Kemendikbud Perintahkan Kampus Negeri Bantu Pulsa ke Mahasiswa Kuliah Daring

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 09:14 WIB
Mahasiswa Indonesia di Australia Terpaksa Kuliah Online Karena Wabah COVID-19
Foto Ilustrasi kampus tutup gara-gara pandemi virus Corona. (ABC Australia)
Jakarta -

Pada masa darurat virus Corona ini, kegiatan belajar-mengajar di kampus dilakukan secara daring (online). Kini pemerintah menginstruksikan kampus-kampus untuk membantu pulsa ke mahasiswa.

"Surat edaran Dirjen Dikti mengimbau perguruan tinggi untuk peduli membantu mahasiswa yang tidak mampu sesuai kemampuan masing-masing perguruan tinggi," kata Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam kepada detikcom, Rabu (7/4/2020).

Nizam telah meneken dan menerbitkan surat edaran mengenai 'Bantuan Sarana Pembelajaran Daring kepada Mahasiswa', ditujukan untuk pimpinan perguruan tinggi negeri. Ada 64 perguruan tinggi yang dituju oleh surat bertanggal 6 April 2020 ini.

Salah satu poin dalam edaran itu adalah menginstruksikan pihak perguruan tinggi negeri untuk memberi bantuan pulsa ke mahasiswa. Jumlah pulsa disesuaikan dengan kebijakan kampus. Sumber dana diambilkan dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Pelaksanaan ini harus transparan dan memperhatikan pertanggungjawaban APBN.

"Melakukan revisi petunjuk operasional kegiatan (POK) untuk memberikan bantuan pulsa kepada mahasiswa," demikian bunyi salah satu poin dalam surat bernomor 331/E/E2KM/2020 ini.

Berikut adalah isi surat selengkapnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2