Ini Maklumat Gubernur Jateng hingga Sulsel Imbau Tidak Mudik Lebaran saat Darurat Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 06:55 WIB
ilustrasi corona
Ilustrasi (Foto: Instagram/@alirezapakdel_artist)
Jakarta -

Jumlah kasus positif virus Corona (COVID-19) hampir menembus angka 2.000. Satu per satu kepala daerah telah mengeluarkan maklumat agar masyarakat tidak mudik Idul Fitri tahun 2020 ini.

Per 3 April 2020, tercatat kasus positif Corona menjadi 1.986. Sementara itu, pasien yang sembuh bertambah menjadi 134 orang. Adapun kasus kematian akibat Corona di RI bertambah menjadi 181 orang.

Terbaru, maklumat dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengimbau agar warga mengingatkan keluarga yang merantau supaya tidak mudik di tengah pandemi Corona.

Sejumlah gubernur lain juga mengeluarkan imbauan yang sama.

Berikut maklumat sejumlah gubernur yang mengimbau tidak mudik Lebaran saat darurat Corona:

Gubernur Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluarkan maklumat agar warga mengingatkan keluarga yang merantau supaya tidak mudik.

Imbauan Ganjar soal tidak mudik di tengah pandemi Corona itu tertuang dalam maklumat di bagian akhir. Ganjar berpesan agar keluarga di perantauan tidak mudik.

"Bapak ibu, sekaligus saya ndherek titip. Tolong berpesan pada keluarga panjenengan (Anda) yang saat ini masih ada di Jakarta, Surabaya, atau kota perantauan lainnya. Tolong bilang agar tidak usah pulang sekarang. Tetap di posisi masing-masing hingga virus ini mereda. Saya akan berkoordinasi dengan gubernur setempat," kata Ganjar dalam maklumat yang dirilis, pada Jumat 3 April 2020.

Ia menjelaskan akan berkoordinasi dengan sejumlah provinsi untuk nasib para perantau baik warga Jateng yang ada di daerah lain atau warga daerah lain yang ada di Jateng.

"Gotong royong ini kita terapkan juga di tingkat Nasional. Kita saling bantu antarprovinsi. Kalau ada warga Jakarta, Jabar, Jatim di sini akan kita openi (pelihara). Sebaliknya warga Jateng di Jakarta dan lainnya juga akan ditulungi (dibantu). Jika memberatkan, kami Pemprov Jateng akan ikut urunan (membantu) agar dulur-dulur (saudara-saudara) kita di perantauan tidak terlantar," jelasnya.

Polisi Dilarang Mudik Tahun Ini!:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4