MUI Medan Minta Warga Tak Tolak Jenazah Pasien Corona: Itu Bukan Aib

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 17:53 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Foto Ilustrasi Corona (iStock)
Medan -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan meminta warga tidak menolak pemakaman jenazah pasien Corona yang hendak dimakamkan di dekat wilayahnya. Namun, warga tetap diminta mengikuti aturan soal pengurusan jenazah pasien terkait corona yang wafat.

"Pemerintah dan MUI telah membuat protokol bagaimana cara mengatasi jenazah itu. Maka, itu perlu diikuti sehingga dengan demikian wabah ini sebetulnya sudah dilakukan penanggulangannya dengan baik oleh pemerintah maupun MUI yang kalau dilakukan dengan sebaik-baiknya tidak akan terjadi penularan," kata Ketua MUI Medan, M Hatta, Kamis (2/4/2020).

Hatta pun menyesalkan sempat ada spanduk penolakan jenazah korban Corona yang dipasang warga di Medan. Menurutnya, pengurusan jenazah dalam Islam merupakan fardu kifayah.

"Kita menyesalkan hal itu terjadi karena, pertama, bahwa penyelenggaraan jenazah secara Islam itu namanya fardu kifayah yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang kecuali bisa diwakilkan. Artinya begini, kalau misalnya itu pekerjaan tidak dilaksanakan, maka berdosa orang semuanya," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2