Kemlu: 254 WNI Bekerja Sebagai ABK di Kapal Pesiar Zaandam

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 21:15 WIB
Plh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemlu Judha Nugraha
Foto: Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Judha Nugraha. (Zakia-detikcom)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyebut terdapat 200 lebih warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar MS Zaandam. Kabar yang diterima Kemlu, terdapat kasus positif virus Corona (COVID-19) dalam kapal pesiar tersebut.

"Terkait kapal pesiar Zaandam, menurut data, info yang kita terima terdapat 254 ABK yang bekerja di kapal tersebut," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, Judha Nugraha dalam konferensi pers yang digelar Kemlu, Rabu (1/4/2020).

Judha memastikan tidak ada warga negara Indonesia yang berstatus penumpang dalam kapal tersebut. Dia juga mengatakan saat ini memang ditemukan kasus virus Corona yang menimpa penumpang dalam kapal tersebut.

"So far, tidak ada penumpang WNI di kapal tersebut. Memang ada kasus positif Covid-19 di atas kapal, dan saat ini info yang kita terima, kapal menuju Amerika Serikat," tutur Judha.

Saat ini, pihak Kemlu belum bisa memastikan kondisi dari para WNI ABK Kapal tersebut. Judha mengatakan pihaknya masih akan terus menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

"Kami sedang coba komunikasikan dengan pihak principle dan agency di Indonesia mengenai kondisi ABK WNI kita yang kerja di kapal tersebut," pungkas Judha.

Sebelumnya, Kapal Pesiar Holland America yang masih berlayar sampai saat ini menjadi mimpi buruk bagi penumpang. Ada 8 orang terinfeksi corona, 4 orang meninggal.

Seperti dilansir CNN Travel, Rabu (1/4/2020) kapal pesiar Zaandam, Holland America masih mencari pelabuhan yang mau menerima mereka. Sebelumnya di kota tujuan kapal, Chili, mereka tidak diizinkan turun.

Delapan orang dinyatakan positif virus Corona, selain itu sekitar 200 orang memiliki gejala mirip influenza. Kabarnya, 4 tamu kapal telah meninggal, tapi Holland Amerika belum memberi tahu penyebab kematian.

(zak/zak)