Jasad WNA Korban Penembakan KKB di Freeport Dipulangkan ke Selandia Baru

Saiman - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 15:16 WIB
Jenazah WN Selandia Baru korban penembakan KKB di Freeport (Dok. Polda Papua)
Foto: Jenazah WN Selandia Baru korban penembakan KKB di Freeport (Dok. Polda Papua)
Mimika -

Jenazah warga negara Selandia Baru yang menjadi korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di pusat Administrasi PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Timika dipulangkan ke negaranya. Jenazah pria bernama nama Graeme Thomas Wall (57) telah diterbangkan ke Selandia Baru melalui Jakarta.

"Iya tadi pukul 12.40 WIT, sudah diterbangkan ke Jakarta dan selanjutnya akan di terbangkan ke New Zeland," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Jenazah karyawan PT Freeport itu sebelumnya dibawa ke Jakarta menggunakan pesawat Air Fast PK- OCS dari Bandara Mozes Kilangin, Timika. Dari Jakarta, jenazah kemudian dibawa ke Selandia Baru.

Seperti diketahui, Wall tewas ditembak oleh KKB pimpinan Joni Botak pada Senin 30 Maret 2020. Korban tewas dengan luka tembak di bagian dada kiri.

Selain Wall, ada 2 korban penembakan lainnya. 2 korban yang merupakan WNI itu dalam kondisi luka serius.

Peristiwa teror yang dilakukan KKB ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIT. Joni Botak cs turun ke kawasan pusat administrasi PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Timika, Papua dan menembaki karyawan di sana.

(mae/mae)