Wantim MUI Dukung Pemerintah Karantina Wilayah Terimbas Corona Level Tinggi

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 15:53 WIB
Din Syamsuddin
Foto: Din Syamsuddin (detikcom)
Jakarta -

Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) melakukat Rapat Pleno ke-51, Jumat (27/3) via telekonferensi lalu. Wantim MUI mendukung pemberlakuan karantina wilayah di kawasan yang terdampak buruk virus Corona COVID-19.

"Mendukung langkah pemerintah dalam memberlakukan Karantina Wilayah khususnya di wilayah persebaran wabah COVID-19 berlevel tinggi untuk menyelamatkan keadaan dari kondisi yang lebih buruk," kata Ketua Wantim MUI Din Syamsuddin, dalam keterangannya, Senin (30/3/2020).

Karantina wilayah, menurutnya, harus dibarengi dengan bantuan terhadap masyarakat miskin yang terdampak. Anggarannya bisa bersumber dari berbagai sektor, seperti APBN, Dana Kebajikan Haji, Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN, dan donasi lainnya sesuai aturan yang berlaku.

"Karantina Wilayah hendaknya disertai optimalisasi program jaminan sosial bagi para fakir miskin terutama para pekerja lepas yang menggantungkan hidupnya pada sumber pendapatan harian untuk menjamin keberlanjutan masa depan hidup mereka," ujar Din.

Selanjutnya
Halaman
1 2